Pendidikan Memanusiakan Manusia
Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si. | My Personal Education Site

Riwayat Hidup Penulis

Labels:

I Wayan Santyasa lahir pada tanggal 19 Desember 1961 di dusun Sediing, desa Sekartaji, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung Bali. Dia anak terakhir dari empat bersaudara, anak pasangan suami istri petani I Made Merta (almarhum) dan Ni Wayan Pahing (almarhum).

Semasih kecil, dia tidak pernah lepas dari perabot pemutik, pisau, dan pahat. Dia suka membuat wayang-wayangan, pinyekan, layang-layang, wadah-wadahan. Di samping itu, dia suka pula mengejar tekukur dan keker dan pernah bisa menangkapnya hanya dengan mengejar. Sebagai seorang anak bungsu dari keluarga miskin, dia dimanja, tidak pernah pakai baju, sandal baru dikenal setelah SMP, sering memimpin teman-temannya dalam bermain, juga ketika bergerombolan mencari rumput untuk makanan sapi, suka menulis tembok-tembok rumah pakai arang, hampir semua perangkat bangunan lumbung (Jineng) ditulisi menggunakan kapur atau arang. Ketika akan masuk SD, dia bercita-cita hanya sampai kelas IV, lalu melanjutkan Sekolah Jarit Pakaian. Namun cita-citanya kandas di tengah jalan, karena ternyata dia lebih suka menyelesaikan SD hingga kelas VI. Ketika baru saja naik ke kelas IV, dia pernah ditawari oleh Guru untuk langsung menduduki kelas V, namun atas pertimbangan keluarga, dia mengundurkan diri. Nama aslinya adalah I Wayan Santun, oleh Kepala SD (I Wayan Sudiarka), namanya diganti menjadi I Wayan Santyasa. Ketika SD dan SMP sering dipercaya mencatat di papan tulis, membuat hiasan dinding baik di sekolah maupun di masyarakat, ketika kelas I SMA pernah dipercaya oleh Desa Adat setempat untuk membuat Tenda Drama Gong.

Pendidikan dasar diselesaikannya pada tahun 1974 di SD Negeri Tanglad (sekarang SDN 1 Tanglad) dan pendidikan menengah pertama pada tahun 1977 di SMP Widhyasa (Swasta) Sampalan, keduanya berada di kecamatan Nusa Penida. Selama di SD sempat menerima penghargaan siswa teladan tingkat kecamatan, Juara I lomba menulis latih halus tingkat kecamatan, dan di SMP menjadi siswa teladan tingkat kabupaten. Di SMP dia aktif dalam kegiatan OSIS, seni tabuh, dan pramuka. Jambore daerah pernah diikuti selama seminggu di Bebetin Buleleng Bali pada tahun 1977. Pendidikan menengah berikutnya diselesaikan pada tahun 1981 di SMA Negeri Klungkung (sekarang SMUN 1 Klungkung) jurusan IPA. Ketika di SMA, aktif dalam bidang seni tabuh dan organisasi Prisai Diri. Pada bulan Agustus 1981, dia diterima di Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Udayana dan selesai menempuh jenjang S1 bulan Nopember 1985 dengan jalur skripsi. Selama kuliah di S1, dia aktif dalam organisasi HMJ, Prisai Diri, dan pernah memimpin temantemannya dalam kegiatan Studi Banding dan Tour di Pulau Jawa selama 2 minggu. Beasiswa PPA diterimanya sejak duduk di awal semester III hingga selesai S1. Berkat bantuan biaya TMPD, pada bulan September 1990 dia dipercaya mengikuti pendidikan Pra S2 pada disiplin ilmu fisika murni di Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan tahun 1991 pendidikan S2 di tempat dan pada disiplin ilmu yang sama. Pendidikan S2 tersebut diselesaikannya pada bulan Januari 1994. Berkat biaya BPPS, pada awal bulan September 2001 dia dipercaya kembali mengikuti program Doktor pada disiplin ilmu Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Dia dinyatakan lulus program Doktor pada tanggal 13 Mei 2004.

Sebelum diangkat menjadi pegawai negeri, dia sempat mengajar di tujuh SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Badung Bali. Selama mengajar di SMA, dia sempat menulis buku-buku pelajaran fisika SMA kelas I hingga kelas III, namun tidak sampai dicetak melalui penerbit yang resmi. Karier pegawai negeri ditekuninya sejak diangkat pada bulan Februari 1987 di Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Udayana dengan nomor induk pegawai (NIP) 131661109 hingga sekarang. Jabatan akademik yang telah dicapai adalah Guru Besar sejak 1 Juli 2005. Di samping sebagai fasilitator beberapa mata kuliah di S1 pendidikan fisika reguler, pernah juga dipercaya di Jurusan Pendidikan Bilogi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Akademi Kebidanan Singaraja, D2 PGSD, S1 TP, dan S1 Fisika Penyetaraan. Sampai saat ini dia baru bisa membimbing skripsi dan tesis sedikitnya 48 orang mahasiswa S1 Pendidikan Fisika, 3 orang mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan PPS IKIP Negeri Singaraja. Dia juga sering dilibatkan sebagai penguji S2 PPS IKIP Negeri Singaraja dan baru sekali menguji S3 Ilmu Kedokteran PPS Universitas Udayana. Pengalaman-pengalaman lain selama menjadi pegawai negeri adalah: sebagai juara III dalam lomba penelitian dosen golongan III tingkat institusi pada tahun 1988 dan juara I pada tahun 1989, sebagai dosen teladan institusi pada tahun 1995 dan sebagai dosen teladan tingkat nasional pada tahun 1996.

I Wayan Santyasa menikah dengan Ni Putu Kodiani, asal dari desa Munggu Kecamatan Mengwi kabupaten Badung Bali pada tanggal 26 September 1986. Istrinya yang juga seorang pegawai negeri (guru SMA) tersebut merupakan anak pertama dari lima bersaudara, anak pasangan suami istri petani I Made Sinten (almarhum) dan Ni Nyoman Rasta (60 tahun). Pernikahan I Wayan Santyasa dengan Ni Putu Kodiani telah dikaruniai seorang putra bernama Gede Saindra Santyadiputra (lahir 2 Agustus 1987) staff pengajar di Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha, dan dua orang putri bernama Kadek Martadian Santyafatni (lahir 12 Maret 1993) mahasiswi Psikologi Pascasarjana UGM dan Komang Triyunita Santyadewi (lahir 25 Juni 1997) mahasiswi Fakultas Kedokteran UHT.
5 comments:

selamat ulang tahun ke 50 buat bapak prof. santyasa,, semoga panjang umur dan selalu dalam lindunganNya,,,


Pak Wayan, saya Safriadi (Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP unsri angkatan 2007). sekarang saya tengah mengawali penulisan Skripsi Pengembangan saya. saya telah membaca tulisan anda bentuk PDF ttg Metode Penelitian Pengembangan. saya minta Kontak Person/no HP untuk bisa dskusi dan share terkait Penelitian pengembangan. mohon bapak berkenan

terimakasih Pak

Safriadi
email : safriadi.abdullah@gmail.com
HP: 085267476244
Palembang_SumSel


salam kenal pak wayan ...saya endang mahasiswi pasca sarjana MPIPA universitas jambi.saya sedang dalam masa penulisan tesis.kebetulan pada saat browsing saya menemukan judul penelitian bapak yang sesuai dengan penelitian saya yaitu pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal...besar harapan saya bisa sharing dan meminta petunjuk bapak dalam hal penulisan tesis saya. kalau bapak tidak keberatan saya sangat ingin memperoleh buku ajar berbasis kearifan lokal yang sudah bapak hasilkan.sebagai referensi bagi saya dalam menyusun buku biologi berbasis kearifan lokal di provinsi saya.trims sebelumnya.
endang dwi hardani
081377777323
ndunk_ummu@yahoo.com


pak saya sangat mengagumi anda
saya anak didik bapak
saya ingin seperti bapak
salam hormat pak profesor


Post a Comment