Pendidikan Memanusiakan Manusia
Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si. | My Personal Education Site

DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL SOI

Belajar memerlukan upaya dan ketekunan. Mahasiswa dikatakan belajar apabila mereka siap keluar dari zone nyaman dan siap menghadapi resiko. Agar mahasiswa merasa tertarik untuk keluar dari zone nyaman sekaligus meghadapi resiko tersebut, diperlukan pembelajaran yang menantang mereka dalam belajar. Myers (1999) menyatakan bahwa pembelajaran relatif sulit untuk didefinisikan, karena pembelajaran berada dalam lautan pikiran, pilihan, perasaan, sikap, harapan, dan asumsi. Itulah sebabnya, mendesain pembelajaran cukup sulit untuk dikerjakan.

Dalam mendesain pembelajaran, konsep interaksi cukup esensial untuk diperhitungkan. Oleh sebab itu, desain pembelajaran tidak bisa digantikan dengan desain informasi. Interaksi sangat terkait dengan keanekaragaman mahasiswa. Hal inilah yang menuntut designer pembelajaran untuk dapat menampilkan desain-desain pembelajaran yang bervariasi, karena satu gaya
interaksi tidak cocok untuk semua mahasiswa.

Satu hal penting yang harus diperhitungkan dalam mendesain pembelajaran, adalah memposisikan diri terhadap perspektif yang diyakini tentang belajar, pemahaman terhadap konsep hasil belajar, pemahaman terhadap konsep belajar aktif, pemahaman terhadap tes, dan pemahaman terhadap prasyarat belajar.

DOWNLOAD PDF


2 comments:

Saya mahasiswa jurs. pendk. biologi UMM yg sekrng sudh semester 7. Terima kasih banyak untuk info model pembelajaran SOI-nya, bersama ini saya meminta izin untuk menjadikan artikel ini sebagai inspirasi untuk proses pencarian judul skripsi saya. Bila ada literatur tambahan minta tolng dengn sangat utk menginfokannya ke email : j4kf4r_k4ng34n@yahoo.co.id


Ok tidak masalah, trimakasih telah mengunjungi blog ini. Semoga postingan saya berguna bagi kelancaran skripsi anda. Salam.


Post a Comment