ISSN 1979-7109 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 4, Nomor 1, April 2010
Volume 4, Nomor 1, April 2010
Penulis:
I Wayan Santyasa, AAIN. Marhaeni, & I Wayan Suastra
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual. Penelitian dilakukan dengan metode survey pada 9 (sembilan) kabupaten/kota di Provinsi Bali. Subjek penelitian adalah 27 kepala sekolah, 54 guru sains, 54 perangkat pembelajaran sains, dan 291 siswa SMP. Objek yang dikaji, adalah tanggapan kepala sekolah dan guru terhadap pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, kecenderungan inovasi yang dimuat oleh perangkat pembelajaran sains yang digunakan oleh guru, dan penalaran sains siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, observasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan, bahwa (1) kepala sekolah belum melakukan pembinaan pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, sehingga mereka mendukung upaya pengembangan, (2) guru-guru belum mengembangkan dan menggunakan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, sehingga mereka mendukung dan menyatakan kesiapan untuk terlibat dalam pengembangan, (3) perangkat pembelajaran sains yang digunakan oleh para guru selama ini belum ada indikasi bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, dan (4) penalaran sains siswa berkategori rendah. Implikasinya, pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual adalah program strategis untuk dilakukan.
Kata-kata kunci: Pengembangan; perangkat pembelajaran sains; peta konsep; model perubahan konseptual
Post a Comment