Volume 2, Nomor 3, Desember 2008
Penulis:
I Wayan Santyasa, Nyoman Natajaya, &
Gede Anggan Suhandana
Program Pascasarjana Undiksha
Abstrak:
Penelitian
ini bertujuan mendeskripsikan keberadaan dan kepentingan pengembangan
model-model pelatihan untuk pembinaan profesi guru, yaitu mdel pelatihan
pembelajaran dan asesmen inovatif, model pelatihan lesson study, dan
model pelatihan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan
desain survey di seluruh kabupaten/kota dengan sampel 18 sekolah dan 54
guru SMP, dan 18 sekolah dan 54 guru SMA di Bali. Data penelitian yang
diperlukan adalah keberadaan dan pentingnya model-model pelatihan yang
dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Data pengalaman
kepala sekolah melakukan pembinaan profesi guru yang dikumpulkan dengan
wawancara dan data pengalaman guru mengikuti pelatihan yang dikumpulkan
dengan angket. Data pengetahuan konseptual guru tentang pembelajaran dan
asesmen inovatif, lesson study, dan penelitian tindakan kelas
dikumpulkan dengan tes dan data perolehan belajar siswa dikumpulkan
dengan tes. Semua data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukannya model-model pelatihan
yang standar. Rencana dan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat
guru belum mencerminkan penerapan pembelajaran dan asesmen inovatif,
lesson study, dan penelitian tindakan kelas. Pengetahuan konseptual guru
tentang pembelajaran dan asesmen inovatif, lesson study, dan penelitian
tindakan kelas berkategori kurang. Perolehan belajar siswa berkategori
kurang. Kepala sekolah sangat mendukung pengembangan model pelatihan
untuk pembinaan profesi guru.
Kata-kata kunci: model pelatihan, pembinaan, profesi guru
DOWNLOAD PDF
Post a Comment