Pendidikan Memanusiakan Manusia
Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si. | My Personal Education Site

METODE PENELITIAN PENGEMBANGAN DAN TEORI PENGEMBANGAN MODUL

Tugas pokok guru adalah melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pelayanan pada masyarakat. Penelitian yang merupakan salah satu tugas guru tersebut secara esensial merupakan aktivitas untuk mengembangkan teori atau cara yang dapat digunakan untuk memahami hakikat alam. Hakikat alam yang dimaksud, adalah masalah-masalah yang terkait dengan kehidupan. Pemecahan masalah kehidupan memang memerlukan teori yang seyogyanya teruji keunggulannya. Walaupun suatu teori senantiasa bersifat tentatif, namun dalam jangka pendek suatu teori hendaknya mampu menunjukkan deskripsi atau preskripsi yang bersifat mencerahkan. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, aktivitas penelitian mutlak diperlukan.

Kegiatan penelitian selalu dimulai dengan aktivitas problem sensing. Identifikasi terhadap masalah yang dirasakan akan mampu mengungkap adanya paradigma yang mengalami krisis. Peneliti biasanya care terhadap krisis paradigma yang akhirnya secara rasional mengajukan gagasan paradigma baru sebagai suatu cara untuk memecahkan masalah yang dirasakan. Pendekatan yang digunakan adalah perpaduan antara deductive dan inductive yang melahirkan formulasi-formulasi sebagai jawaban sementara terhadap masalah yang dirasakan. Untuk menguji jawaban sementara tersebut, penelitian harus dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. Metode penelitian ilmiah, secara umum dibedakan atas metode kaulitatif dan metode kuantitatif. Alur berpikir dalam aktivitas penelitian tersebut dilukiskan pada Gambar 1.1.

Berdasarkan Gambar 1.1, tampak bahwa aktivitas penelitian mencakup dua hal pokok, yaitu aktivitas nalar (dunia teoretis) dan aktivitas praktikal (dunia empiris). Metode penelitian lebih banyak berurusan dengan dunia emperis yang mencakup aktivitas-aktivitas penapsiran, pengamatan, dan pengukuran, baik secara deskriptif, kualitatif, maupun secara kuantitatif.

Makalah ini mencoba menyajikan deskripsi singkat tentang metode penelitian pengembangan. Sajian tersebut mencakup karakteristik penelitian pengembangan, desain pengembangan, rumusan masalah pengembangan, tujuan pengembangan, , instrumen, dan teknik analisis data. Makalah ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber dalam rangka mengemas penelitian pengembangan bagi para guru di sekolah.


DOWNLOAD PDF




5 comments:

bisa minta instrumen untuk mengetahui kelayakan suatu modul????


artikelnya bagus, saya minta pak!


saya download artikelnya pak untuk skripsi pengembangan saya. Suksma, Hariyuda


trim's pak materinya sangat membantu saya untuk membuat skripsi yang kebetuln menggunakan metode penelitian pengembangan


Post a Comment


Recent Post

Recent Comment