Volume 3, Nomor 1, April 2009
Penulis:
I Wayan Santyasa (Jurusan Pendidikan Fisika)
FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
Abstrak:
Penelitian
ini bertujuan (1) menganalisis keunggulan model perubahan konseptual
(MPK) dibandingkan dengan model pembelajaran linier (MPL) dalam
pencapaian PK dan KPM, (2) menganalisis keunggulan seting group
investigation (GI) dibandingkan dengan model student team achievement
divisions (STAD) dalam pencapaian PK dan KPM, (3) menganalisis interaksi
antara model dan seting pembelajaran dalam pencapaian PK dan KPM.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi versi faktorial 2×2
pretes-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian
adalah siswa kelas I SMA Negeri di Kabupaten Buleleng tahun pelajaran
2008/2009. Sampel penelitian adalah empat kelas pada empat SMA yang
ditetapkan berdasarkan teknik cluster random sampling. Data PK
dikumpulkan dengan 10 butir tes PK dan data KPM dikumpulkan dengan 10
butir tes KPM. Data dianalisis dengan MANCOVA faktorial 2×2 dengan
skor-skor prates sebagai kovariat. Teknik analisis menggunakan program
SPSS-PC 10.0 for Windows. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf
signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai
berikut. (1) PK dan KPM siswa pada kelompok MPK lebih tinggi
dibandingkan kelompok MPL. (2) Siswa dalam seting GI menunjukkan PK dan
KPM lebih tinggi dibandingkan seting STAD. (3) Terdapat pengaruh
interaktif model dan seting pembelajaran terhadap PK dan KPM. MPK
cenderung lebih berinteraksi dengan seting GI dalam pencapaian PK dan
KPM.
Kata-kata kunci: model perubahan konseptual; investigasi kelompok; pemahaman konsep; kemampuan pemecahan masalah
DOWNLOAD PDF
January 19, 2013 at 9:08 AM
Terima kasih refernsinya pak.
Post a Comment