Pendidikan Memanusiakan Manusia
Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si. | My Personal Education Site

CURRICULUM VITAE

Labels:
  1. Nama Lengkap : Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si
  2. NIP : 131661109
  3. Tempat dan Tanggal Lahir : Sediing-Klungkung, 19-12-1961
  4. Jenis Kelamin : Laki-laki
  5. Pangkat Golongan : Pembina Tk I, IV/b
  6. Jabatan : Guru Besar
  7. Alamat Kantor : Jalan A. Yani, Singaraja, Bali. Telp: (0362)22570. FAX: (0362)25735
  8. Alamat Rumah : Jl. Srikandi Gg. Durian I/8 Babakan Singaraja, Telp : (0362)23182
  9. Riwayat Pendidikan :
    • S1 (Drs), FKIP UNUD, Singaraja, 1986, Pend. Fisika
    • S2 (M.Si), PPS UGM, Yogyakarta, 1994, Fisika Murni
    • S3 (Dr), PPS UM, Malang, 2004, Teknologi Pembelajaran
  10. Pendidikan Tambahan :
    • 1-5 September 1997. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di Bogor.
    • 17-19 Februari 2000. Pelatihan Total Quality Management (TQM), di Singaraja.
    • 24-26 Februari 2000. Pelatihan Entry Level and Quality Assurance (ELAQA), di Surabaya.
    • Maret-April 2002. Pelatihan metode penelitian kualitatif: Metode fenomenologis dan penelitian tindakan kelas, di Malang.
    • 19 Desember 2003-19 Januari 2004. Magang tentang manajemen Laboratorium dan eksperimen fisika modern, di laboratorium fisika lanjutan (fisika modern) Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, di Malang.
    • 25-30 April 2005. Pelatihan Dasar Beyond Centers and Circles Time (BCCT), di Surabaya.
    • 11-16 Agustus 2005. Training of Trainer (TOT) mengenai metode Beyond Centers and Circles Time (BCCT), di Denpasar.
  11. Pengalaman Jabatan Akademik dan Kepangkatan :
    • 1987-1999. Asisten Ahli Madya, Penata Muda, Golongan III/a
    • 1989-1992. Asisten Ahli, Penata Muda Tk I, Golongan III/b
    • 1992-1995. Lektor Muda, Penata, Golongan III/c
    • 1995-1997. Lektor Madya, Penata Tk I, Golongan III/d
    • 1997-2000. Lektor, Pembina, Golongan IV/a
    • 2000-2001. Lektor Kepala Madya, Pembina Tk I, Golongan IV/b
    • 2001-2005. Lektor Kepala (Impasing), Pembina Tk I, Golongan IV/b
    • 1 Juli 2005-Sekarang. Guru Besar, Pembina Tk I, Golongan IV/b
  12. Pengalaman Jabatan Lainnya :
    • 1996-1998. Sekretaris Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Negeri Singaraja
    • 1998-2001. Ketua Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Negeri Singaraja
    • 1999-2001. Anggota Senat STKIP Negeri Singaraja
    • 1997-2001. Anggota 3S STKIP Negeri Singaraja
    • 2000-2001. Anggota ELAQA STKIP Negeri Singaraja
    • 2004-Skr Ketua II Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Propinsi Bali
    • 2005-2006 Ketua Pengelola Program Pengembangan Jurusan dan Cakupan Perguruan Tinggi SP4 IKIP Negeri Singaraja
    • 1/4/06-skr Anggota Tetap Senat Universitas pendidikan ganesha Singaraja
    • 3/8/06- Skr Ketua Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  13. Pengalaman Mengajar di Luar Undiksha :
    • 1984-1985. Guru IPA di SMP SAR Singaraja
    • 1985-1988. Guru fisika di SMA 1 Mengwi Badung
    • 1986-1988. Guru fisika di SMA PGRI 2 Badung di Mengwi
    • 1986-1988. Guru fisika di SMA Wasundari Mengwi Badung
    • 1986-1988. Guru fisika di SMA Widyabratha Mengwi Badung
    • 1986-1988. Guru fisika di SMA Dwi Jendra Kapal Badung
    • 1986-1988. Guru fisika di SMA Dharmasastra Sempidi Badung
    • 1986-2988. Guru fisika di SMA Budi Utama Kerobokan Badung
    • 1986-1988. Guru fisika di SMA Widhya Buana Munggu Mengwi Badung
    • 1988-1990. Guru fisika di SMA Saraswati Singaraja
    • 2000 Mengajar Fisika Kesehatan di Akbid Singaraja
  14. Pengalaman Riset (lima tahun terakhir) :
    • 2000 Anggota. Intensifikasi tes formatif dan feedback terstruktur pada perkuliahan Fisika matematika melalui pembelajaran kooperatif bermodul di Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Singaraja. RII BATCH III Dikti.
    • 2000 Anggota. Studi analisis terhadap pembelajaran fisikapada SMU Negeri di Singaraja sebagai upaya sinkronisasipembinaan kualitas perkuliahan matakuliah keahlian II (MKK II)Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Singaraja. Penelitian DIK STKIP Singaraja.
    • 2000 Anggota. Studi kelaikan pembukaan program diploma-3 Teknik Elektro STKIP Singaraj. Penelitian DRK STKIP Singaraja.
    • 2001 Anggota. Peningkatan kualitas perkuliahan matriks dan ruang vektor melalui model pembelajaran kooperatif konstruktivistik di Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Singaraja. RII BATCH IV Dikti.
    • 2001 Mandiri. Penerapan pembelajaran kooperatif konstruktivistik sebagai upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika dalam perkuliahan matriks dan ruang vektor pada semester pendek tahun akademik. Peneltian DIKS IKIP Negeri Singaraja.
    • 2001 Ketua. Pengembangan model pembelajaran kooperatif bermodul sebagai upaya mengubah miskonsepsi dan peningkatan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan
      MIPA di LPTK. Domestic Collaborative Research Grant (DCRG) Dikti.
    • 2001 Mandiri. Penerapan pembelajaran kooperatif konstruktivistik sebagai upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja. Penelitian DIKS IKIP Negeri Singaraja.
    • 2002 Anggota. Pengaruh penerapan strategi konflik kognitif melalui pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas I SMUN 4 Singaraja. Penelitian Dosen Muda Dikti.
    • 2003 Ketua. Pembelajaran fisika berbasis model rekonstruksi pengetahuan kognitif dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa di SMU. Research Grant DUE-LIKE Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
    • 2004 Ketua. Penerapan model ICI sebagai upaya memperbaiki miskonsepsi, pemahaman konsep, dan hasil belajar fisika siswa kelas I SMUN 1 Singaraja. Classroom Action Research (CAR) Dikti.
    • 2004 Mandiri. Pengaruh model dan seting pembelajaran terhadap remediasi miskonsepsi, pemahaman konsep, dan hasil belajar fisika pada siswa SMU. Disertasi Program Doktor Teknologi Pembelajaran PPS Universitas Negeri Malang.
    • 2005 Ketua. Pemberdayaan pengetahuan awal dan evaluasi model CIPP dalam perkuliahan metode penelitian di Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja. Teaching Grant Program DUE-LIKE Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
    • 2005 Ketua. Kajian kelaikan pendirian dan penyelenggaraan program magister Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja. Penelitian DIPA IKIP Negeri Singaraja.
    • 2005 Ketua. Pengembangan teks fisika bermuatan model perubahan konseptual dan komunitas belajar serta pengaruhnya terhadap perolehan kompetensi siswa di SMA. RUKK Menristek tahun pertama 2005.
    • 2006. Ketua. Pembelajaran group investigation dan portofolio untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam perkuliahan fisika kuantum di Jurusan Pendidikan Fisika IKIPN Singaraja. Teaching grant program A2 Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
    • 2006. Ketua. Pengembangan teks fisika bermuatan model perubahan konseptual dan komunitas belajar serta pengaruhnya terhadap perolehan kompetensi siswa di SMA.
      RUKK Menristek tahun kedua 2006.
  15. Publikasi Ilmiah (lima tahun terakhir) :
    • 2002 Pengubahan miskonsepsi dalam perkuliahan fisika dasar melalui penerapan modul berorientasi konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No. 3 Th. XXXV Juli 2002.
    • 2002 Peningkatan kualitas perkuliahan matriks dan ruang vektor melalui pembelajaran kooperatif konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No. 4 Th. XXXV Oktober 2002.
    • 2003 Problematika pendidikan Indonesia dan gagasan menuju paradigma baru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No. 3 Th. XXXVI Juli 2003.
    • 2003 Peluang implementasi kurikulum bebasis kompetensi dan pendidikan beorientasi kecakapan hidup. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Edisi Kuhsus Desember 2003.
    • 2004 Strategi alternatif perubahan konseptual dalam pembelajaran fisika. Wahana matematika dan sains, Jurnal matematika, sains, atau pembelajarannya. No. 2 Th. II, April 2004.
    • 2004 Implementasi pembelajaran inovatif untuk pemahaman dalam belajar fisika di SMU. Jurnal Ilmu Pendidikan, nomor 2, Juni 2004.
    • 2004 Keefektifan model dan seting pembelajaran dalam pencapaian perolehan belajar fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No. 4 Th. XXXVII, Oktober 2004.
    • 2004 Model pembelajaran problem solving dan reasoning. Jurnal IKA, Vol. 2. No. 2, Nopember 2004.
    • 2005 Keefektifan model rekonstruksi kognitif dan teknik-teknik kooperatif GI, MURDER, dan STAD dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No. 3 Th. XXXVIII, Juli 2005.
  16. Pemakalah Tingkat Nasional (lima tahun terakhir) :
    • 2000 Penerapan kaedah-kaedah konstruktivisme dalam pembelajaran fisika dasar di LPTK. Disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran. 7 Oktober 2000 di Universitas Negeri Malang.
    • 2002 Miskonsepsi dan model pembelajaran perubahan konseptual. Disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. 18-19 Juli 2002 di Hotel Indonesia Jakarta.
    • 2003 Pembelajaran fisika berbasis keterampilan berpikir sebagai alternatif implementasi KBK. Disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. 22-23 Agustus 2003 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.
    • 2004 Model dan seting pembelajaran dalam pengajaran fisika di sekolah menengah. Disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, 2-8-2004, di Hotel Sahid Raya, Yoggyakarta
    • 2004 Model problem solving dan reasoning sebagai alternatif pembelajaran inovatif. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) V, tanggal 7 Oktober 2004, di Hotel Sang Rila Surabaya.
    • 2004 Kecakapan hidup dalam pengembangan kurikulum fisika SMA. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) V, tanggal 8 Oktober 2004, di Hotel Sang Rila Surabaya.
    • 2005 Evaluasi keefektifan model rekonstruksi pengetahuan kognitif dalam pembelajaran fisika di SMA. Disajikan dalam Seminar Nasional “Hasil Penelitian tentang Evaluasi Hasil Belajar serta Pengelolaannya”, 14-15 Mei 2005, di PPS Universitas Negeri Yogyakarta.
  17. Pemakalah Tingkat Lokal/Institusional (lima tahun terakhir) :
    • 2001 Pengemasan pembelajaran berorientasi quantum teaching (tinjauan teoritis dan filosopis dari segi konteks). Disajikan dalam seminar sehari Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP Negeri Singaraja, 19 Mei 2001, di Singaraja.
    • 2001 Mengemas dan mengimplementasikan rancangan pembelajaran fisika berorientasi model belajar kooperatif. Disajikan dalam seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja, 21 Juli 2001 di Singaraja.
    • 2003 Pendidikan, pembelajaran, dan penilaian berbasis kompetensi. Disajikan dalam seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja, 10 Februari 2003 di Singaraja.
    • 2003 Asesmen dan kriteria penilaian hasil belajar fisika berbasis kompetensi. Disajikan dalam seminar dan lokakarja bidang peningkatan relevansi Program DUE-LIKE Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja, 15-16 Agustus 2003
      di Singaraja.
    • 2004 Pembelajaran kooperatif. Disajikan dalam pelatihan cooperative learning bagi para dosen Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 27-28 Maret 2004 di Yogyakarta.
    • 2004 Desain pembelajaran berbasis model SOI. Disajikan dalam seminar dan lokakarya Jurusan Teknologi Pendidikan IKIP Negeri Singaraja, 8 April 2004 di Singaraja.
    • 2004 Belajar, menyiapkan, dan menjalani ujian fisika secara efektif. Disajikan dalam seminar dan lokakarja bidang peningkatan suasana akademik Program DUE-LIKE Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja, 27-28 Agustus 2004 di
      Singaraja.
    • 2004 Model pembelajaran berdasarkan paradigma konstruktivistik yang koheren dengan pembelajaran matematika. Disajikan dalam Workshop Pengembangan Model-Model Pembelajaran Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Negeri Singaraja, 6 Agustus 2004 di Singaraja.
    • 2004 Media pembelajaran (definisi, posisi, fungsi, landasan, klasifikasi, dan karakteristik). Disajikan di Jurusan TP FIP IKIP Negeri Singaraja dalam rangka pengabdian pada masyarakat bagi guru-guru SMP di Kabupaten Buleleng,
      tanggal 1 Oktober 2004, di Singaraja.
    • 2004 Peranan komputer dalam belajar dan paduannya dalam kurikulum. Disajikan di Jurusan TP FIP IKIP Negeri Singaraja dalam rangka pengabdian pada masyarakat bagi guru-guru SMA di Kabupaten Buleleng, tanggal 2 Oktober 2004, di Singaraja.
    • 2005 Penelitian tindakan kelas. Disajikan dalam pelayanan bagi pengembangan guru-guru SMP Laboratorium IKIP Negeri Singaraja, 26 Maret 2005, di Singaraja.
    • 2005 Pedoman penyusunan dan sistematika proposal penelitian tindakan kelas. Disajikan dalam pelayanan bagi pengembangan guru-guru SMP Laboratorium IKIP Negeri Singaraja, 26 Maret 2005, di Singaraja.
    • 2005 Kerangka operasional penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Disajikan dalam pembinaan dosen muda IKIP Negeri Singaraja dalam rangka penyusunan proposal Penelitian Dosen Muda, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Research
      for Improvement of Instruction (RII), 8-9 April 2005, di Singaraja.
    • 2005 Penelitian tindakan kelas: Konsep dasar dan kerangka operasional penyusunan proposal. Disajikan pada penataran Guru-Guru SMP Negeri 3 Sukasada, 11 Juni 2005, di Sukasada Buleleng.
    • 2005 Metode (model) pembelajaran inovatif. Disajikan dalam workshop tentang “metodologi pembelajaran” bagi para dosen Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana, 22-23 Juni 2005, di
      Kampus Unud Bukit Jimbaran badung.
    • 2005 Penelitian tindakan kelas: Konsep dasar dan kerangka operasional Penelitian Tindakan Kelas. Disajikan pada penataran Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Jembrana, 27 Juni s.d 16 Juli 2005, di Jembrana.
    • 2005 Pembelajaran inovatif dalam implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Disajikan pada penataran Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Jembrana, 27 Juni s.d 16 Juli 2005, di Jembrana.
    • 2005 Implementasi pembelajaran inovatif dalam praktik pengalaman lapangan. Disajikan dalam pembekalan awal pelaksanaan program hibah kemitraan LPPL IKIP Negeri Singaraja dengan Sekolah Laboratorium IKIP Negeri Singaraja, 18 – 20 Juli 2005, di Singaraja.
    • 2005 Konsep dasar dan operasional pembelajaran inovatif. Disajikan dalam pelatihan dan workshop: “Pengembangan konsep dasar dan operasional pembelajaran inovatif, 29-30 Juli 2005, di IKIP Negeri Singaraja.
    • 2005 Analisis butir dan konsistensi internal tes. Disajikan dalam work shop bagi para Pengawas, Kepala Sekolah, dan Para Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Tabanan Pada Tanggal 20-25 Oktober 2005, di Kediri Tabanan Bali.
    • 2005 Pembelajaran inovatif: Model kooperatif dan basis proyek. Disajikan dalam seminar di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pendidikan Teknologi Kejuruan IKIP Negeri Singaraja, Tanggal 17 Desember 2005, di Singaraja.
    • 2005 Kurikulum berbasis kompetensi dan kriteria belajar minimal. Disajikan dalam pendidikan dan pelatihan guru-guru di SMP Negeri 6 Singaraja, tanggal 26-28 Desember 2005, di Singaraja.
    • 2006 Konsep dasar penelitian tindakan kelas dan teknik penyusunan proposal. Disajikan dalam pembinaan dosen muda IKIP Negeri Singaraja dalam rangka penyusunan proposal Penelitian Dosen Muda, Classroom Acton Research (CAR), dan Research for Improvement of Instruction (RII), 4-6 Maret 2006, di Singaraja.
    • 2006 Landasan konseptual dan teknis penyusunan media pembelajaran dan angka kreditnya. Disajikan dalam Penataran “Angka Kredit dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SD, SMP, SMA, dan SMK Se Bali” pada tanggal 2-7 April (angkatan I), 13-18 April (angkatan III dan IV), dan 20-25 April (agngkatan IV) 2006 di UPTD BPKB Bali.
    • 2006. Konsep dasar, penyusunan proposal, dan laporan penelitian tindakan kelas. Disajikan dalam pelatihan Guru-Guru SMP 1 Mendoyo Jembrana, Tanggal 8 Juni 2006, di Penyaringan Mendoyo Jembrana.
    • 2006. Standar Kompetensi lulusan Jurusan Pendidkan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha. Disajikan dalam seminar dan lokakarya pengembangan kurikulum Jurusan Pendidikan Fisika, tanggal 4-5 Agustus 2006, di Singaraja.
    • 2006. Teks fisika bermuatan model perubahan konseptual dan komunitas belajar dalam pencapaian kompetensi belajar. Disajikan dalam diseminasi hasil penelitian RUKK Menristek tahun 2005 pada para guru SMA, tanggal 12 Agustus 2006, di Dinas Pendidikan Kabupaten Kelungkung.
  18. Pengabdian Pada Masyarakat (lima tahun terakhir) :
    • 4 Agustus 2001. Sebagai anggota pelaksana dalam pelatihan tentang teknik evaluasi pembelajaran bagi guru-guru bidang studi IPA dan matematika SMU se kabupaten Buleleng. Di FPMIPA IKIP Negeri Singaraja.
    • Mei 2003. Sebagai anggota pelaksana dalam pelatihan membuat media pembelajaran dengan menggunakan power point. Di Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
    • Oktober-Nopember 2003. Sebagai anggota pelaksana dalam sosialisasi kurikulum berbasis kompetensi dan pelatihan pendekatan kontekstual pada guru-guru SLTP Negeri 3 Kintamani. Di SLTP Negeri 3 Kintamani.
    • 27-28 Maret 2004. Sebagai pelatih dalam Work Shop Pembelajaran Kooperatif Bagi Para Dosen Jurusan Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, di Yogyakarta.
    • 23 Juni 2004. Sebagai instruktur dalam pembinaan kegiatan olimpiade bidang MIPA Tingkat Sekolah dasar di Kecamatan Buleleng. Di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Buleleng.
    • 22 Agustus - 2 September 2004. Sebagai penatar dalam Penataran Dosen Muda IKIP Negeri Singaraja, tentang perancangan, teori desain, dan model-model pembelajaran, di IKIP Negeri Singaraja.
    • 1 Mei - 4 Nopember 2004. Sebagai anggota pelaksana dalam sosialisasi dan pelatihan penyusunan petunjuk praktikum fisika berbasis kompetensi kepada guru-guru fisika SMP dan SMA di Kota Singaraja. Di FPMIPA IKIP Negeri Singaraja.
    • 26 Maret 2005. Sebagai pelatih dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan kelas Bagi Guru-Guru SMP Lab IKIP Negeri Singaraja, di Singaraja.
    • 11 Juni 2005. Sebagai pelatih dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMP Negeri 3 Sukasada Buleleng, di Buleleng.
    • 29 Juni 2005. Sebagai penatar dalam penataran Pembelajaran Inovatif Bagi Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK se Kecamatan Negara, di Negara.
    • 5 Juni 2005. Sebagai penataran dalam penataran tentang Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Negara, di Negara.
    • 11, 12, 13 Juli 2005. Sebagai penatar dalam penataran tentang Etos Kerja Bagi Guru-Guru SD se Kecamatan Negara, di Negara.
    • 17, 18, 19 Juli 2005. Sebagai penatar dalam penataran tentang Etos Kerja Bagi Guru-Guru SD se Kecamatan Melaya, di Melaya.
    • 23 Agustus - 3 September 2005. Sebagai penatar dalam penataran Dosen Muda IKIP negeri Singaraja, tentang perancangan, teori desain, dan model-model pembelajaran, di IKIP negeri Singaraja.
    • 29 Agustus 2005. Sebagai pelatih dalam pelatihan tentang Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini bagi Guru-Guru Bantu TK di Propinsi Bali, di Disdik Propinsi Bali.
    • 14, 18, 22, 26 September 2005. Sebagai pelatih dalam pelatihan tentang Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini bagi Guru-Guru TK di Propinsi Bali, di Disdik Propinsi Bali.
    • 20-25 Oktober 2005. Sebagai pelatih dalam pelatihan tentang Analisis Butir dan Konsistensi Internal Tes Bagi Pengawas, Kepala Sekolah, dan Para Guru SD di Kabupaten Tabanan, di Tabanan.
    • 26-28 Desember 2005. Sebagai pelatih dalam pelatihan Guru-Guru SMP se Kota Singaraja di SMP Negeri 6 Singaraja, di Singaraja.
    • 4-6 Maret 2006. Sebagai nara sumber dalam pembinaan dosen muda IKIP Negeri Singaraja dalam rangka penyusunan proposal Penelitian Dosen Muda, Classroom Acton Research (CAR), dan Research for Improvement of Instruction (RII), di Singaraja.
    • 6-11 Maret 2006. Sebagai pelatih dalam pelatihan observasi dan penilaian dalam metoda Beyond Centers and Cyrcles Time (BCCT) bagi Tenaga Pndidik Pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Propinsi Bali, di Kabupaten Badung.
    • 13-18 Maret 2006. Sebagai pelatih dalam pelatihan observasi dan penilaian dalam metoda Beyond Centres and Cycles Ttime (BCCT) bagi Tenaga Pendidik Rintisan Kelompok Bermain di Propinsi Bali, di Kabupaten Badung.
    • 7-27 Maret 2006. Sebagai nara sumber dalam sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Metoda Beyond Centers and Cyrcles Time (BCCT) di Kabupaten Buleleng.
    • 2-7 April 2006. Sebagai Penatar dalam Penataran “Angka Kredit dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas SD Se Bali Angkatan I” di UPTD BPKB Bali.
    • 13-18 April 2006. Sebagai Penatar dalam Penataran “Angka Kredit dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas SD se Bali Angkatan II dan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas SMP se Bali Angkatan III” di UPTD BPKB Bali
    • 20-25 April 2006. Sebagai Penatar dalam Penataran “Angka Kredit dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas SMA dan SMK se Bali Angkatan IV” di UPTD BPKB Bali.
    • 8 Juni 2006. Sebagai pelatih dalam pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru SMP 1 Mendoyo Jembrana.
    • 28 Juli s.d 1 Agustus 2006. Sebagai pelatih dalam pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Tabanan.
    • 31 Juli 2006. Sebagai Penatar dalam “Penataran Gadik SPN Singaraja, di Singaraja.
  19. Pengalaman Menyusun Buku :
    • 1986. Buku Fisika. Untuk SMA kelas II Semester II
    • 1987. Buku Fisika. Untuk SMA kelas II Semester I
    • 1987. Buku Fisika. Untuk SMA kelas III Semester I
    • 1988. Buku Fisika. Untuk SMA kelas I Semester I
    • 1989. Buku Fisika. Untuk SMA kelas I Smester II
    • 1996. Mekanika. Diktat sebagai alternatif bacaan pilihan dalam perkuliahan mekanika di Jurusan Pendidikan Fsika STKIP Negeri Singaraja.
    • 1996. Fisika Kuantum. Diktat sebagai alternatif bacaan pilihan dalam perkuliahan fisika kuantum di Jurusan Pendidikan Fisika STKIP Negeri Singaraja.
    • 1996. Pengantar fisika inti dan alat deteksinya. Diktat sebagai alternatif bacaan pilihan dalam perkuliahan fisika inti di Jurusan Pendidikan Fisika STKIP Negeri Singaraja.
    • 2001. Pedoman Dosen untuk pembelajaran fisika dasar bagian mekanika. Produk DCRG Dikti Tahun 2001.
    • 2002. Fisika dasar: Mekanika. Buku Ajar sebagai alternatif bacaan pilihan dalam perkuliahan fisika dasar bagian mekanika di Perguruan Tinggi. Diterbitkan oleh Dikti Depdiknas dan tersebar di seluruh LPTK di Indonesia.
    • 2004. Pembelajaan fisika berbasis keterampilan berpikir sebagai alternatif implemenasi KBK, dalam Teknologi Pembelajaran, ISBN: 979-3322-05-5
    • 2004. Matriks dan Ruang Vektor. Buku Ajar sebagai alternatif bacaan pilihan dalam perkuliahan matriks dan ruang vektor di Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
    • 2004. Pengantar asesmen dan portofolio. Buku Ajar sebagai alternatif bacaan pilihan dalam perkuliahan evaluasi proses dan hasil belajar fisika di Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
    • 2005. Belajar dan pembelajaran. Buku Ajar sebagai alternatif bacaan pilihan dalam perkuliahan dasar-dasar pembelajaran di Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
    • 2005. Fisika bermuatan model perubahan konseptual. Buku teks (produk RUKK Menristek 2005) untuk siswa kelas I SMA.
    • 2005. Pedoman guru untuk pembelajaran fisika bermuatan model perubahan konseptual di SMA kelas I. Produk RUKK Menristek 2005.
    • 2006. Pedoman guru tentang pembelajaran kooperatif: Group Investigation, MURDER, dan STAD. Lembaga Pengembangan Pengalaman Lapangan IKIP Negeri Singaraja.
2 comments:

Administrated by : Saindra


minta no hape pak seloka sudiara dong dari alumnusnya.


Post a Comment


Recent Post

Recent Comment